Senin, 13 Februari 2012

wisata di daerah sanggau kalbar

RIAM ASAM
RIAM ASAM adalah air terjun (water falls) yang terdapat di kecamatan KEMBAYAN kabupaten SANGAAU provinsi kalimantaan barat .
Dengan ketinggian 13m, air terjun ini terasa sangat sejuk ditambah dengan lingkungan yang masih terjaga kelestariannya tempat ini memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung. Lokasi air terjun yang berada di perbukitan dan dapat di jangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor menjadikan lokasi ini tempat wisata yang mengasikan bagi keluarga. Dengan sumber mata air pegunungan menjadikan air terjun riam asam begitu jernih dan terasa dingin, ditambah dengan masih asrinya lingkungan menjadikan air di air terjun riam asam ini dapat langsung diminum (minum yang diatas yea, jangan di tempat orang berenang). Jangan lupa juga menyiapkan baju ganti karena ayang jika melewatkan untuk berenag dengan air yang begitu dingin.
DSCN9504.JPGDilokasi air terjun riam asam juga terdapat tempat wisata religus yang sudah di sediakan oleh pengelola, namun tempatnya sedikit kurang terawat karena memang di lokasi ini tidak di sediakan tempat-tempat penampungan sampah tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting karena pengunjung yang membawa makanan ringan di tempat ini akan meninggalkan sampah. Nah buat kamu-kamu yang ingin berkunjung ketempat ini jangan buang sampah sembarangan yea..., mari  kita jaga bersama tempat-tempat rekreasi yang ada.
Buat kamu yang hooby jepret-jepret alias fotografi bakanlan nyesel deh kalau nagk nyoba jepret-jepret di tempat ini. Tapi tetep waspada yea hati-hati jatuh kan mahal kameranya. Tempat wisata ini masih memeiliki berbagai macam tanaman dan hewan yang layak baut kamu foto, salah satunya sepesies endemik pulau borneo yaitu burung enggan, tapi jangan mikir kalo kamu tiba di air terjunya langsung bisa ambil gambar tuh burung bro, soalnya burung enggang tidak suka keramaian jadi kalo kamu mau ambil gambar tu burung kamu harus mendaki keatas lagi sob.
Dengan masih memegang kuat pada adat dan budaya, masyarakat terkadang masih mengadakan upacar adat di tempat tersebut, nah beruntung banget lo kalo pas berkunjung ada upacara adat karena gak tiap hari ada upacara adat. Bagi pengunjung yang niatnya udah gak baek hati-hati deh dah bakalan ribet lo entar bisa kena hukum adat lo. Namun dengan beitu eksotisnya tempat wisata ini, tempat wisata air terjun riam asam ini masih kurang mendapat perhatian pemerintah kabupaten sanggau, kondisi jalan yang belum sepenuhnya di aspal alias masih tanah terkadang menjadi kendala jika cuaca tidak bersahabat walaupun sudah diberi bebatuan serta di padatkan pas hujan bakalan kuning tu motor tau mobil yang lewat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar