Rabu, 29 Februari 2012

JENIS-JENIS KABEL

JENIS - JENIS KABEL
1.        Kabel NYA
Kabel ini berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC dan biasa digunakan untuk instalasi luar. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus.



Kabel ini umum digunakan untuk perumahan karena harganya yang relatif murah. Ukuran yang biasa digunakan adalah 1,5 mm22,5 mm2. Agar aman jika menggunakan kabel tipe ini lebih baik kabel di pasang di dalam pipa atau saluran penutup, agar tidak bisa diganggu oleh  hewan pengerat dan terkena air, serta apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh manusia.



2.        Kabel NYM
Kabel ini memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA).

   
Kabel jenis ini hanya direkomendasikan khusus untuk instalasi tetap di dalam bangunan yang dimana penempatannya biasa diluar/ didalam tembok ataupun didalam pipa (conduit). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. 
3.        Kabel NYY
Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel ini memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM).
Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering. Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.
4.        Kabel NYAF
Kabel ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribbusi pipa atau didalam duct. Merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi, kabel jenis ini sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan–belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.

5.        Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY
Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah, di dalam ruangan, di dalam saluran-saluran, tanpa memerlukan perlindungan tambahan kecuali pada tempat-tempat terbuka yang memerlukan perlindungan terhadap gangguan mekanis, atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan. Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.


6.        Kabel NYCY
Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Merupakan kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Kabel ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.


7.        Kabel BC
Kabel ini dipilin (stranded) dan kemudian disatukan dengan ukuran/tegangan maksimal6–500 mm2/500 V.  Digunakan pada saluran di atas tanah dan penghantar pentanahan.           
8.        Kabel AAAC (All Alumunium Alloy Conductor)
Kabel ini terbuat dari campuran logam aluminium, magnesium dan silikon. Mempunyai keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberi sifat yang lebih baik. Kabel ini biasanya dibuat dari paduan aluminium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehingga daya hantarnya lebih baik.

9.        Kabel ACSR (Alumunium Conduct Steel Reinforced)
Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja. Kabel ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi, dimana jarak antara menara/tiang berjauhan, bahkan mencapai ratusan meter sehingga dibutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi, untuk itu digunakan kawat penghantar ACSR.

10.    Kabel ACAR (Alumunium Conductor Alloy Reinforced)
Yaitu kawat penghantar aluminium yang diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini lebih kuat daripada kabel ACSR.




11.    Kabel NYMHYO
Merupakan kabel jenis serabut dengan berintikan dua serabut. Kabel ini biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker dan virtual video. Jenis kabel ini mampu menghantar hingga 700 VA sehingga aman dan menjadikan pembayaran rekening listrik menjadi murah. Untuk jenis kabel NYMHYO biasanya digunakan pada model Roll. Jenis kabel NYMHYO biasanya digunakan pada lampu taman.
12.    Kabel NYMHY
Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah-pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastik tahan panas. Saat digunakan untuk penghubung alat pemanas, temperatur  pada titik sambungan antara alat dengan kabel tidak boleh lebih dari 85oC, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar