Selasa, 21 Februari 2012

Perbedaan dan koherensi fase


Perbedaan dan koherensi fase
Apabila dua gelombang harmonic  yang berfrekuensi dan berpanjang gelombang sama tetapi berbeda fase gelombamng, gelombang yang di hasilkan merupakan gelombang harmonic yang  tergantung pada fasenya. Jika perbedaan fase 0 atau bilangan bulat kelipatan 3600, gelombang akan sefase dan berinterfensi secara saling menguatkan. Amplitudonya sama dengan penjumlah amplitude masing-masing, dan intensitas nya  (yang sebanding dengan kuadrat amplitudo) kan maksimum. Jika perbedaan fasenya 1800 (π radian ) atau bilangan ganjil kali 1800 , gelombang akan berbeda fase dan berinterferensi secar saling melemahkan. Amplitude yang dihasilkan dengan demikian merupakan perbedaan amplitude masing-masing , dan intensitasnya menjadi minimum. Jika amplitudonya sama, intesitasnya menjadi maksimum sama dengan 4 kali inensitasnya minimum sama dengan nol.
Penyebab perbedaan fase antara dua gelombang ini adalah perubahan fase 1800 yang kadang-kadang dialami oleh gelombang saat terpantul dari permukaan bats. Perubahan fase ini analog dengan inverse pulsa pada benang, ketika pulsa itu memantul dari suatu titik dimana densitasnya tiba-tiba meningkat, seperti ketika benang kecil di sambung ke benang  yang lebih besar atau tali. Inverse pulsa pantul ekivalen dengan perubahan fase 1800 untuk gelombang sinusoidal, yang dapat di pandang sebagai deretan pulsa. Apabila cahaya yang merambat di udara mengenai permukaan satu medium yang di  dalamnya cahaya akan merambat lebih lambat, seperti kaca atau air, akan terjadi perubahan fase 1800 pada cahaya yang di pantulkan aka nada perubahan fase pada cahaya yang di pantulkan dari permukaan kaca-udara atau air-udara. Ini analog dengan pemantulan tanpa inverse pulsa pada benang tebal di titik tempat benang tebal itu di sambung dengan benang halus.
Perbedaan fase antara dua gelombang juga sering di sebabkan oleh perbedaan panjang lintasan yang di tempuh oleh kadua gelombang . Perbedaan lintasan satu panjang gelombang menghasilkan perbedaan fase 3600, yang ekivalen dengan tidak ada perbedaan fase yang sama sekali. Perbaan lintasan detengah panjang gelombang menghasilkan perbedaan fase 1800. Umumnya perbedaan lintasan yang sama dengan menyumbang  satu perbedaan fase  yang di berikan adalah :
 
Interfensi gelobang dari dua sumber ti dak teramati kecuali sumbernya koheren, yakni, kecuali perbedaan fase di antara gelombang konstan terhadap waktu. Karena berkas cahaya pa umumnya adalah hasil dari jutaan atom yang memancar secara bebas, dua sumber cahaya biasanya tidak koheren. Memang perbedaan fase antara gelombang dari sumber demikian berfluktuasi secara acak beberapa kali per detik. Koherensi dalam optika sering dicapai dengan membagi cahaya dari sumber tunggal menjadi dua mengahasilkan pola interfensi. Pembagiaan ini dapat dicapai dengan memantulkan cahaya dari dua permukaan yang terpisah rapat pada film tipis (pasal 33-2) : pemantulan serentak dari dan perambatan melalui cermin yang berlapis sebelah, seperti pada interferometer Michelson 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar