Senin, 13 Mei 2013


Lesson Plan Based on Character in Sub The Law of Conservation Momentum
Senior High School Student Class XI Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter pada Sub Topik
Hukum kekekalan Momentum Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas XI Semester 1

Education Unit         : Senior High School
Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah Atas
Subject                      : Physics
Mata Pelajaran         : Fisika
Class/Semester         : XI
Kelas/Semester         : XI
Topics/Subtopics      : The Law of Conservation Momentum
Topik/Subtopik        : Hukum kekekalan Momentum
Time Alocation         : 1 lesson-hours (1 x meeting)
Alokasi Waktu         : 1 jam pelajaran (1 x pertemuan)
 

A.      STANDARD COMPETENCE/STANDAR KOMPETENSI
Analyze the earth phenomenon and regularity in mechanic particle
Menganalisis gejala alam dan  keteraturannya dalam mekanika benda titik.


B.       BASIC COMPETENCE/KOMPETENSI DASAR
Showing relation between concept of impluse and momentums to complete problem in  collision.
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum  untuk menyelesaikan masalah tumbukan

C.      INDICATOR/INDIKATOR
·         Cognitive/Kognitif
                          1.      Calculate velocity from two object after collision.
Menghitung kecepatan dua benda setelah tumbukan.
·         Psycomotor/Psikomotor
1.      Explain characteristic the law of corservation momentums concept whitout  out force effect.
Menjelaskan konsep hukum kekekalan momentum tanpa dipengaruhi gaya luar.
2.      Determine of coefficient of restitution in collision.
Menentukan koefesien restitusi pada peristiwa tumbukan.
3.      Determine kinds of collision according from coeffcient of restitution.
Menentukan jenis-jenis tumbukan berdasarkan koefesien restitusinya.
·         Afective/Afektif
                        1.      Develop behaviour with character, cover:
Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)      opened and listened friend opinion, and
      terbuka dan mendengar pendapat teman, dan
b)      don't criticize friend crudely.
      tidak mencela teman dengan kasar.

                        2.      Develop social skills, cover:
Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      brave to give an argument,
berani memberikan pendapat,
b)      be a good listener, and
menjadi pendengar yang baik, dan
c)      communicating.
berkomunikasi.

D.      LEARNING OBJECTIVES/TUJUAN PEMBELAJARAN
Cognitive/Kognitif
After learned, the students expected to be able to:
Setelah pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
                          1.      Calculate velocity from two object after collision corrctly .
Menghitung kecepatan dua benda setelah tumbukan dengan benar.

Psycomotor/Psikomotor
After learned, the students expected to be able to:
Setelah pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
1.      Explain characteristic the law of corservation momentums concept whitout  out force effect correctly.
.
Menjelaskan konsep hukum kekekalan momentum tanpa pengaruh gaya luar dengan benar.
2.      Determine of coefficient of restitution in collision correctly.
Menentukan koefesien restitusi pada peristiwa tumbukan.dengan benar.
3.      Determine kinds of collision according from coeffcient of restitution correctly.
Menentukan jenis-jenis tumbukan berdasarkan koefesien restitusinya dengan benar.

Afective/Afektif
a.      Character/Karakter
Involved in course of learning to teach center for student, at least student is evaluated observer makes progress in showing behaviour with character cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely.
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: terbuka dan mendengarkan pendapat teman, dan tidak mencela teman dengan kasar.

b.      Social Skills/Keterampilan Sosial
Involved in course of learning to teach center for student, at least student is evaluated observer makes progress to show social skills with character cover: brave to give an argument, be good listener, and communicating.
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial meliputi berani memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.










E.           Text Box: Tanggal
Tempat
LEARNING MATERIALS/MATERI PEMBELAJARAN
The law of conservation momentums/hukum kekekalan momentum

Text Box: PemikiranConcept Mapping
Peta Konsep

Text Box: KesanText Box: PertanyaanText Box: ReaksiText Box: Perasaan     

A.     The law of conservation linear momentums
Text Box: KepedulianIn collision the sum of momentums of  objects before and after collisions is constants as long as no outside force is in effect.

Hukum kekekalan momentum
“pada tumbukan, jumlah momentum benda-benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap asalkan tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya”

If  than momentums is constant (apply the law of conservation momentum) Why?

Jikamaka momentumnya tetap (berlaku hukum kekekalan momentum) mengapa?

Meaning/Artinya :
·         Change the momentums same with zero/Perubahan momentunya = nol
·         Momentums is constant/Momentumnya tidak berubah/momentumnya kekal
Process when collisions
·         Condition before collision/Keadaan sebelum tumbukan

·         Condition after collision/Keadaan sebelum tumbukan


B. kinds of collision
Kinds of collision can be divided according to energy kinetic and coefficient of restitiusion
Jenis tumbukan ini dibagi berdasarkan  energi kinetik dan koefesien redtitusinya
             
            


According to coefficient of restitution collision can be divided to be three that is/Berdasarkan koefesien restitusinya tumbukan dibagi menjadi tiga yaitu :
1.      When  than e = 1/ Ketika  maka e = 1
ü  Perfectly elastic collision/Tumbukan lenting sempurna
ü  ∑Ek before collision = ∑Ek after collision

2.      When than 0 < e < 1/ Ketika  maka 0 < e < 1
ü  Partially elastic collision/ Tumbukan lenting sebagian
ü  ∑Ek before collision < ∑Ek after collision

3.      When  than e = 0 /Ketika maka e = 0
ü  Incompletely elastic collision/ Tumbukan tak lenting
ü   , this is meaning the object moving together or stop together/ ini artinya benda bergerak bersama-sama atau diam bersama-sama
ü  ∑Ek before collision < ∑Ek after collision



F.       LEARNING STRATEGIES/STRATEGI PEMBELAJARAN
Approach                       : Contextual Teaching and Learning
Pendekatan                   : Pembelajaran Kontekstual
Learning Model             : Direct Intruction (DI)
Model Pembelajaran    : Pembelajaran Searah
Learning Strategy          : Text Transformation
Strategi Pembelajaran    : Menstranformasikan teks
Learning Method          : Speech, Demonstrate
Metode Pembelajaran  : Ceramah, Demonstrasi

G.      LEARNING PROCEDURE/LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Teacher Activity
Kegiatan Guru
Pupils Activity( expectancy)
Kegiatan Siswa (yang diharapkan)
Time (minutes)
Waktu
(menit)
A.
Preface
Kegiatan Awal


10
Phase 1
Fase 1
Orientation.
Pengingatan  (Orientasi)

1)   Opening lesson with greeting
Membuka pelajaran yang di awali dengan salam.
2)      To ask about codition of pupils
Menanyakan keadaan peserta didik
3)      To ask about presence of  pupils Menanyakan siswa yang tidak hadir
4)      To check physics textbook
Memeriksa  kesiapan media pembelajaran di kelas
5)      Pretest
o  Pupils answer the greeting
Siswa menjawab salam  atau sapaan guru.


6)   Motivation
Motivasi :



teachers show the videos about the law of conservation momentums. One bullet to collisioning a object,and than they are moving together.  Teacher give question to the pupils, “what happen at the video collision and why?”
guru menunjukan  video tentang impuls dan momentum. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, “apa yang terjadi pada video dan mengapa  
o  Pupils answer question from teacher.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
o  Pupils brave to give an argument.
Siswa berani memberikan pendapat.
o  Both of pupils expressed their answer, while other listening and predict their answer.
Dua orang siswa mengemukakan jawabannya, sementara teman lainnya turut mendengarkan dan memperkirakan jawabannya.


7)        Teacher give information to pupils about  learning purpose cover that learn calculate velocty each object with the law of corservation momentums; explain characteristic collisions based on the coefficient restitution.

Guru menginformasikan kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran hari ini yaitu belajar menghitung kecepatan masing masing benda dengan hukum kekekalan momentum; menjelaskan jenis tumbukan berdasarkan koefesien restitusinya.
o  Pupils beat out the objectives, that extended by theacher.
Siswa menelaah tujuan yang disampaikan guru.
o  Pupils listen carefuly.
Siswa menyimak dengan baik.

B.
Main Activities
Kegiatan inti


30
Phase 2
Fase 2
Convey information (demonstrate)
Menyampaikan informasi (demonstrasi)

1)   Teacher explain to pupils about Catatan;TS
Guru menjelaskan siswa tentang catatan;TS
2)      Teacher present to pupils about  step of step to make Catatan;TS
Guru menyajikan kepada siswa langkah-langkah membuat catatan;TS
3)      Giving example Catatan;TS to make according matter about The law of conservation linear momentums in teksbook
Memberikan contoh Catatan:TS yang dibuat sesuai dengan materi kekekalan energi pada buku teks
4)      To repeat explaination what difficult by pupils
Menjelaskan ulang apa yang dianggap sulit oleh siswa
o  Pupils watch carefuly.
Siswa memperhatikan dengan baik

o  Pupils asking about Catatan;TS
Siswa bertanya tentang catatan:TS








Phase 3
Fase 3
Structursl practice
Latihan Terstruktur

1)   Teachers guide students to make Catatan:TS about kinds of collision.
Guru membimbing siswa membuat catatan;TS tentang jenis-jenis tumbukan
2)      Teachers order pupils to showing Catatan:TS about kinds of collision on the whiteboard. Teacher information to pupils, when the other pupil write Catatan:TS on whiteboard, pupils trying  to develop behaviour with character, cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely. And develop social skills, cover: brave to give an argument, be a good listener, and communicating.
Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan diskusi tentang tumbukan antara dua benda. Guru menginformasikan kepada siswa, ketika siswa lain menuliskan catatan:TS nya di papan tulis, siswa mencoba mengembangkan prilaku berkarakter, diantaranya: terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar. Dan mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: berani memberikan  pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
o  Pupils make Catatan:TS .
Siswa Membuat catatan:TS





o  When other pupil write Catatan:TS on whiteboard, pupils develop behaviour with character, cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely. And develop social skills, cover: brave to give an argument, be a good listener, and communicating.
Ketika siswa lain menuliskan catatan:TS nya, siswa mengembangkan perilaku berkarakter, diantaranya: terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar. Dan mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: berani memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.






Phase 4
Fase 4
Practice guide
Latihan Terbimbing

1)   Teachers visit and check each pupi. If there are still pupils who have not been able to do it right, the teacher can provide direct guidance.
Guru mengunjungi tiap-tiap kelompok Jika masih ada siswa yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
3)      Teacher to see across pupils.
Guru membimbing siswa.
4)      Teacher advise of practice time is over to pupils.
Guru memberitahu siswa bahwa waktu latihan telah selesai.











o  Pupils stop to practice
Siswa berhenti melakukan latihan.

Phase 5
Fase 5
Evaluation and independent practice
Evaluasi dan latihan mandiri

1)      Teacher give chance for each pupils asking about all result in study. And then collect the paper Catatan:TS.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa bertanya semua hasil yang telah dipelajari. Catatan:TS siswa dikumpulkan.
2)   When the Asking, teacher say for pupils to develop behaviour with character, cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely.
Ketika  bertanya, guru mengatakan kepada siswa untuk mengembangkan perilaku berkarakter, diantaranya: terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar.
3)      Teacher asking question from pupils
Guru menjawab pertanyaan siswa
4)      Teacher execuse pupils to expose their summary.
Guru mempersilahkan siswa untuk menyampaikan kesimpulannya.
5)      Teacher gives emphasis about the law of conservation momentum that has been learned.
Guru memberikan penekanan/penguatan tentang hukum kekekalan momentum  yang telah dipelajari.
6)      Teacher give homework to make Catatan:TS about impulse,momentum and the law of conservation momentum
Guru memberikan pekerjaan rumah untuk membuat Catatan:TS tentang impuls,momentum dan hukum kekekalan momentum
7)      Teacher gives post test about e law of conservation momentums.
Guru memberikan tes akhir tentang hukum kekekalan momentum
o  Pupils asking.
Siswa bertanya


o  When the Asking, Pupils develop behaviour with character, cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely.
Ketika bertanya, siswa mengembangkan perilaku berkarakter, diantaranya: tanggungjawab, terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar.
o  Pupils expose their summary.
Siswa menyampaikan kesimpulannya.

o  Pupils listen emphasis about specific mass from teacher with carefully.
Siswa mendengarkan penekanan/ penguatan tentang massa jenis dengan baik dari guru.
o  Pupils answer post test by your self.  
Siswa menjawab tes akhir dengan tidak bekerja sama. 

C.
Final Activity
Kegiatan Akhir

5
Phase 6
Fase 6
Give appreciation
Memberikan penghargaan

1)      Teachers give appreciation to pupils on active in the class.
Guru memberikan penghargaan siswa yang aktif didepan kelas.
2)      Teacher close our class with give occlusion.
Guru menutup pelajaran dengan memberi salam.




o  Pupils take the appreciation.
Siswa menyimak dengan baik.


H.    ASSESSMENT/PENILAIAN
A.    Technics  
Tehnik Penilaian:
o   Cognitives assesment
Penilaian Kognitif
o   Psycomotor assesment
Penilaian Psikomotorik
o   Afective assesment
Penilaian Afektif (terlampir)


B.     Instrument
Bentuk Instrumen:
o   Multiple choise
Pilihan Ganda
o   Psycomotor assesment sheet
Lembar penilaian psikomotorik
o   Afective assesment sheet
Lembar penilaian afektif

I.             EQUIPMENT, MATTER, AND LEARNING SOURCE
ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
a.    Equipment                 : laptop, LCD, videos
Alat Pelajaran            : video, laptop, LCD
b.    Matter                       :  physics textbook, LKS
Bahan Belajar            :  buku pelajaran, LKS
c.    Source                       :  sylabus, relevant teacher handbook, powerpoint.
Sumber Pelajaran       : silabus, buku paket relevan

J.      BIBLIOGRAPHY/REFERENSI
Purwanto, Budi. 2009. Theory and Application of Physics For Grade XII. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Pontianak, 19 september 2012
Mengetahui,
Lecturers,                                                                                Student,
Dosen Pembimbing,                                                                Mahasiswa,

Dra. Haratua T.M.S, Mpd                                                       Soeharto
NIP.195608091985031003                                                    NIM. F03109012



























      Nilai =  x 100

























Psycomotor Assesment Form
Format Penilaian Psikomotorik

No
Explanation
Penjelasan
Score
Skor
0
1
2
3
4
1
Prepare equipment and matter use to the experiment above table
Alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan disiapkan di atas meja





2
a.       Regular  Object  Benda Teratur
Mass measure method with O’hauss balance
Cara mengukur massa dengan neraca O’hauss
Long measure method with micrometer
Cara mengukur panjang dengan mikrometer skrup






b.      Irregular Object  Benda Tidak Teratur
Mass measure method with O’hauss balance
Cara mengukur massa dengan neraca O’hauss
Scale read method water volume in measure glass
Cara membaca skala volume air pada gelas ukur





3
 calculate method regular and irregular object density
Cara menghitung massa jenis benda teratur dan tidak teratur





Score Total
Total Skor






Notes                                                                
4 if do aspect correct and quick
3 if do aspectcorrect but long time
2 if do aspect finish but false
1 if do aspect not finish
0 if not work




Keterangan
4 bila aspek tersebut dilakukan dengan benar dan cepat
3 bila aspek tersebut dilakukan dengan benar tetapi lama
2 bila aspek tersebut dilakukan selesai tetapi salah
1 bila dilakukan tetapi tidak selesai
0 bila tidak ada usaha sama sekali





























Afective Assesment Form
Format Penilaian Afektif

a.      Behavior of  Character
Perilaku Berkarakter

Instruction:
Petunjuk:
To each behavior of character, give pupils behavior of character assesment apply with scale ensuing:
Untuk setiap prilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas prilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:

Observe Form Behavior of Character
Format Pengamatan Prilaku Berkarakter
Pupils Names
Nama Siswa
Behavior of Character
Perilaku Karakter
(1)
(2)
(3)
(4)

opened and listened friend opinion
terbuka dan mendengar pendapat teman




don't criticize friend crudely
tidak mencela teman dengan kasar




Etc
opened and listened friend opinion
terbuka dan mendengar pendapat teman




don't criticize friend crudely
tidak mencela teman dengan kasar




Explanation:
Keterangan:
1.    Not well; Tidak baik
2.    Quite; Cukup baik
3.    Well; Baik
4.    Very well; Sangat baik







b.      Social Skills
Keterampilan Sosial

Instruction:
Petunjuk:
To each social skills, give pupils social skills assesment apply with scale ensuing:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini:

Observe Form Social Skills
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Pupils Names
Nama Siswa
Social Skills
Keterampilan Sosial
(1)
(2)
(3)
(4)

brave to give an argument
berani memberikan pendapat




be a good listener
menjadi pendengar yang baik




communicating
berkomunikasi




Etc
brave to give an argument
berani memberikan pendapat




be a good listener
menjadi pendengar yang baik




communicating
berkomunikasi




Explanation:
Keterangan:
1.         Not well; Tidak baik
2.         Quite; Cukup baik
3.         Well; Baik
4.         Very well; Sangat baik





Worksheet Paper
Lembar Kerja Siswa


Purpose                       :
Tujuan                       :
1.      Explain characteristic of density concept  from the experiment result.
Menjelaskan konsep massa jenis sebagai satu ciri khas suatu zat berdasarkan hasil percobaan.
2.      Determine density from solid matter with reguler shape.
Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur.
3.      Determine density from solid matter with irregular shape.
Menentukan  massa jenis zat padat yang bentuknya tidak teratur.

Equipment and Matter           :
Alat dan Bahan                     :
O’hauss balance neraca O’hauss                    micrometer mikrometer
1 cube 1 kubus                                                measure glass  gelas ukur
3  stone 3 batu                                                 water  air
1 marbels 1 guli                                              1 cylinder  1 silinder                                       


Work Instractions                   :
Langkah Kerja                      :
1)      Regular Object  (cube, marbels, and cylinder)
Benda teratur (kubus, guli, dan silinder)
c.       Measure mass and volume each thing.
Ukur massa dan volume tiap benda.
d.      Record and enter in the table.
Catat dan masukkan dalam tabel di bawah ini.



No.
Object
Benda
Volume
Volume
Mass
Massa
Density
Massa Jenis
1.
Cube
Kubus



2.
Marbels
Guli



3.
Cylinder
Silinder




e.       Calculate the object density, where  .
Hitung massa jenis benda, dimana  .
2)      Irregular Object (stone)
Benda Tidak Teratur (batu)
a.       Measure mass stone each.
Ukur  massa setiap batu.
b.      Prepare measure glass and enter water to measure glass. Record  first volume, V1.
Sediakan gelas ukur dan  tuangkan air ke dalam gelas ukur.  Catat volume awal, V1.
c.       Enter stone to measure glass with have water. Record  the increment water volume, V2.
Masukkan batu ke dalam  gelas ukur yang berisi air. Catat kenaikan volume airnya, V2.
d.      Stone volume = V2 – V1
Volume batu = V2 – V1
e.       Calculate stone density, where   .
Hitung massa jenis batu, dimana  .
f.       Record and enter in the table.
Catat dan masukkan dalam tabel di bawah ini.




No.
Object
Benda
V1

V2

= V2 – V1
Mass
Massa
Density
Massa Jenis
1.
Stone a
Batu a





2.
Stone b
Batu b





3.
Stone c
Batu c






Conclusion  :
Kesimpulan :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar