RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA N 1 RASAU
JAYA
Kelas/semester : X/1
Mata
Pelajaran : Fisika
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit (1 x
Pertemuan )
Standar
Kompetansi:
Menerapkan
hukum gerak dan gaya.
Kompetensi Dasar :
Menguasai
konsep gerak dan gaya
Indikator pencapaian Kompetansi :
a.
Kognitif
1.
Membedakan
jarak dan perpindahan.
b.
Afektif
1.
Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi:
a)
aktif,
b)
percaya
diri,
c)
berani,
dan
d)
tanggung
jawab.
2.
Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
a)
menjadi
pendengar yang baik
b)
bertanya,
dan
c)
menyampaikan
jawaban.
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Kognitif
Setelah
pembelajaran diharapkan siswa dapat membedakan jarak dan perpindahan dengan
tepat.
b.
Afektif
1
Karakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:
aktif, percaya diri, berani dan tanggung jawab.
2
Keterampilan
sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial meliputi:
bertanya dan menjadi pendengar yang baik.
B. Materi
Pembelajaran
Jarak
dan Perpindahan
C. Model
pembelajaran
Model : Direct
Instruction (Pembalajaran langsung)
Metode : -
Ceramah
-
Diskusi Sederhana
-
D. Langkah
Pembelajaran
No.
|
Jenis kegiatan
|
Langkah kegiatan
|
Aktifitas guru
|
Aktifitas siswa
|
Alokasi waktu
|
1
2.
3
|
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan inti :
a.eksplorasi
b. elaborasi.
C.konfirmasi
Kegiatan penutup
|
Fase I:
Orientasi
Fase II:
Presentasi
Fase III:
Latihan terstruktur
Fase VI :
Latihan terbimbing
Fase V :
Latihan mandiri
|
·
Menyampaikan
salam dan menyapa siswa.
·
Meminta
ketua kelas untuk memimpin doa.
·
Menginformasikan
materi/konsep yang akan digunakan dan menjelaskan secara umum mengenai teori
jarak dan perpindahan.
·
Menyampaikan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.
·
Melihat
pengetahuan awal siswa dengan memberi gambaran perjalanan bus dari suatu
tempat ke tempat lain, kemudian kembali lagi ke tempat semula, dan memberi
pertanyaan : “apakah tejadi perpindahan”
·
Menjelaskan
cirri-ciri jarak dan perpindahan.
·
Melakukan
demonstrasi sederhana.
·
Meminta
siswa menjawab pertanyan.
·
Menjelaskan
konsep yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
·
Memberikan
soal berkaitan dengan jarak dan perpindahan.
·
Menginstruksikan
siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku dalam mengerjakan soal tanpa
melihat buku.
·
Membahas
soal yang diberikan bersama siswa.
·
Membimbing
siswa dalam mengerjakannya.
·
Memastiakan
75% siswa dapat mengerjakan soal.
·
Meberikan
dua buah soal dari buku paket untuk di kerjakan siswa di rumah.
·
Meminta
siswa mengerjakanya
·
Guru
memberitahukan kepada siswa materi selanjutnya.
·
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
|
·
Menjawab
salam dan memperhatikan guru.
·
Ketua
kelas memimpin doa.
·
Menyimak
inforamsi guru.
·
Menjawab
pertanyaan guru.
·
Memperhatikan
guru dan mencatat apa saja yang disampaikan guru.
·
Memperhatikan
demonstrasi dan salah siswa membantu guru melakukan demonstrasi.
·
Salah
seorang siswa menjawab pertanyaan dari guru dan kemudian menjawab pertanyaan
tersebut.
·
Mengerjakan
tugas yang diberikan sesuai dengan instruksi.
·
Menyelesaikan
soal sesuai bimbingan yang diberikan guru.
·
Mengikuti
instruksi guru
·
Seorang
siswa mebantu guru menyimpulkan materi pelajran hari ini.
·
Menyimak
dan mencatat tugas yang diberikan guru
·
Mendengarkan
guru dengan baik.
·
Menjawab
salam guru.
|
5 Menit
|
|
|
|
|
|
|
E. Sumber
bahan ajar
-
Buku fisika SMA
Kelas X marthen Kanginan
-
Revernsi yang relevan
F. Penilaian
hasil belajar
1. Teknik
penilaian
-tes tertulis
-kemapuan siswa menjawab soal yang diberikan.
2. Bentuk
instrument
-
Uraian ( dalam latihan mandiri).
3. Instrument
penilaian
-tes
tertulis (soal terlampir)
Rubrik penskoran Prosedur penilaian
Indikator
Pencapaian (Kognitif)
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
/ Soal
|
Skor
|
||||
Membedakan jarak dan
perpindahan.
|
Kuis tertulis
|
Butir soal esai
(Tugas Individu)
|
1. Tentukan
lintasan berikut ini merupakan jarak atau perpindahan:
a.
A-B-C
b.
A-C
2. Apabila seorang siswa
berjalan dari titik A ke B ke C, dan diketahui AB = 8 m, BC = 6 m, dan AC =
10 m, maka tentukanlah:
a.
Jarak
b.
Perpindahan
Penyelesaian:
1. a. jarak
b. perpindahan
2. a. jarak = AB + BC
=
8 m + 6 m
=
14 m
c.
perpindahan
= AC
= 10 m
|
1
a. 25
b. 25
2
a. 25
b. 25
|
||||
Skor
Maksimal
|
100
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar