Lesson Plan Based
on Character in Sub The Law of Conservation Momentum
Senior
High School Student Class XI Semester 1
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter pada Sub Topik
Hukum
kekekalan Momentum Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas XI Semester 1
Education
Unit : Senior
High School
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Subject
: Physics
Mata
Pelajaran : Fisika
Class/Semester
: XI
Kelas/Semester : XI
Topics/Subtopics
: The Law of Conservation Momentum
Topik/Subtopik : Hukum kekekalan Momentum
Time
Alocation : 1
lesson-hours (1 x meeting)
Alokasi
Waktu : 1 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. STANDARD COMPETENCE/STANDAR KOMPETENSI
Analyze the earth phenomenon and regularity in
mechanic particle
Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam
mekanika benda titik.
B.
BASIC COMPETENCE/KOMPETENSI DASAR
Showing relation between concept of impluse and
momentums to complete problem in
collision.
Menunjukkan hubungan antara
konsep impuls dan momentum untuk
menyelesaikan masalah tumbukan
C.
INDICATOR/INDIKATOR
·
Cognitive/Kognitif
1.
Calculate velocity
from two object after collision.
Menghitung
kecepatan dua benda setelah tumbukan.
·
Psycomotor/Psikomotor
1.
Explain characteristic the law of
corservation momentums concept whitout out force effect.
Menjelaskan konsep hukum kekekalan
momentum tanpa dipengaruhi gaya luar.
2.
Determine of coefficient of restitution in collision.
Menentukan koefesien restitusi pada
peristiwa tumbukan.
3.
Determine kinds of collision according from coeffcient of restitution.
Menentukan jenis-jenis tumbukan
berdasarkan koefesien restitusinya.
·
Afective/Afektif
1.
Develop behaviour with character, cover:
Mengembangkan perilaku
berkarakter, meliputi:
a)
opened and listened friend opinion, and
terbuka dan mendengar pendapat teman, dan
b)
don't criticize friend crudely.
tidak mencela teman dengan kasar.
2.
Develop social skills, cover:
Mengembangkan keterampilan
sosial, meliputi:
a)
brave to give an argument,
berani memberikan pendapat,
b)
be a good listener, and
menjadi pendengar yang baik,
dan
c)
communicating.
berkomunikasi.
D.
LEARNING OBJECTIVES/TUJUAN
PEMBELAJARAN
Cognitive/Kognitif
After learned, the
students expected to be able to:
Setelah pembelajaran, diharapkan
siswa mampu:
1.
Calculate velocity
from two object after collision corrctly .
Menghitung
kecepatan dua benda setelah tumbukan dengan benar.
Psycomotor/Psikomotor
After learned, the
students expected to be able to:
Setelah pembelajaran, diharapkan
siswa mampu:
1.
Explain characteristic the law of
corservation momentums concept whitout out force effect correctly.
.
Menjelaskan konsep hukum kekekalan
momentum tanpa pengaruh gaya luar dengan benar.
2.
Determine of coefficient of restitution in collision correctly.
Menentukan koefesien restitusi pada
peristiwa tumbukan.dengan benar.
3.
Determine kinds of collision according from coeffcient of restitution correctly.
Menentukan jenis-jenis tumbukan
berdasarkan koefesien restitusinya dengan benar.
Afective/Afektif
a. Character/Karakter
Involved
in course of learning to teach center for student, at least student is
evaluated observer makes progress in showing behaviour with character cover: opened
and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely.
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:
terbuka dan mendengarkan pendapat teman, dan tidak mencela teman dengan kasar.
b.
Social Skills/Keterampilan Sosial
Involved
in course of learning to teach center for student, at least student is
evaluated observer makes progress to show social skills with character cover:
brave to give an argument, be good listener, and communicating.
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial meliputi berani
memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
E.
LEARNING MATERIALS/MATERI PEMBELAJARAN
The law of conservation momentums/hukum kekekalan momentum
Concept Mapping
Peta Konsep
A. The law of conservation linear momentums
In collision the sum of momentums of
objects before and after collisions is constants as long as no outside
force is in effect.
Hukum kekekalan momentum
“pada
tumbukan, jumlah momentum benda-benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah tetap
asalkan tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya”
If than
momentums is constant (apply the law of conservation momentum) Why?
Jikamaka momentumnya tetap (berlaku hukum kekekalan
momentum) mengapa?
Meaning/Artinya :
·
Change
the momentums same with zero/Perubahan momentunya = nol
·
Momentums
is constant/Momentumnya tidak
berubah/momentumnya kekal
Process when
collisions
·
Condition before collision/Keadaan sebelum tumbukan
·
Condition after collision/Keadaan sebelum tumbukan
B. kinds of collision
Kinds of collision can be
divided according to energy kinetic and coefficient of restitiusion
Jenis tumbukan ini dibagi berdasarkan energi kinetik dan koefesien redtitusinya
According to coefficient of restitution collision can be divided to be
three that is/Berdasarkan koefesien
restitusinya tumbukan dibagi menjadi tiga yaitu :
1. When than e = 1/ Ketika maka e = 1
ü
Perfectly
elastic collision/Tumbukan lenting sempurna
ü
∑Ek before collision = ∑Ek after collision
2. When than 0 < e < 1/ Ketika maka 0 < e < 1
ü
Partially
elastic collision/ Tumbukan lenting sebagian
ü
∑Ek before collision < ∑Ek after collision
3.
When
than
e = 0 /Ketika maka e = 0
ü Incompletely elastic collision/ Tumbukan tak lenting
ü , this
is meaning the object moving together or stop together/ ini artinya benda bergerak bersama-sama atau diam bersama-sama
ü ∑Ek
before collision
< ∑Ek after collision
F. LEARNING STRATEGIES/STRATEGI PEMBELAJARAN
Approach : Contextual
Teaching and Learning
Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual
Learning
Model :
Direct Intruction (DI)
Model Pembelajaran : Pembelajaran Searah
Learning Strategy : Text
Transformation
Strategi Pembelajaran : Menstranformasikan teks
Learning Method : Speech, Demonstrate
Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi
G.
LEARNING PROCEDURE/LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Teacher Activity
Kegiatan Guru
|
Pupils Activity( expectancy)
Kegiatan Siswa (yang
diharapkan)
|
Time (minutes)
Waktu
(menit)
|
A.
|
Preface
Kegiatan
Awal
|
|
10
|
Phase 1
Fase 1
Orientation.
Pengingatan (Orientasi)
|
|||
|
1) Opening lesson with greeting
Membuka pelajaran yang di awali dengan salam.
2) To ask about codition of pupils
Menanyakan
keadaan peserta didik
3) To ask about presence of pupils Menanyakan siswa yang
tidak hadir
4) To check physics textbook
Memeriksa kesiapan media pembelajaran di kelas
5) Pretest
|
o Pupils answer the greeting
Siswa menjawab salam atau sapaan guru.
|
|
|
6) Motivation
Motivasi :
|
|
|
|
teachers show the videos about the law of conservation momentums. One bullet to
collisioning a object,and than they are moving together. Teacher give question to the pupils, “what
happen at the video collision and why?”
guru menunjukan video tentang impuls dan momentum. Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa, “apa yang terjadi pada video dan mengapa
|
o Pupils answer question from teacher.
Siswa menjawab
pertanyaan dari guru.
o Pupils brave to give an argument.
Siswa berani
memberikan pendapat.
o Both of pupils expressed their answer,
while other listening and predict their answer.
Dua orang siswa mengemukakan jawabannya,
sementara teman lainnya turut mendengarkan dan memperkirakan jawabannya.
|
|
|
7)
Teacher give information
to pupils about learning purpose cover
that learn calculate velocty each object with the law of corservation
momentums; explain characteristic collisions based on the coefficient
restitution.
Guru
menginformasikan kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran hari ini yaitu
belajar menghitung kecepatan masing masing benda dengan hukum kekekalan
momentum; menjelaskan jenis tumbukan
berdasarkan koefesien restitusinya.
|
o Pupils beat out the objectives, that
extended by theacher.
Siswa menelaah tujuan yang
disampaikan guru.
o Pupils listen carefuly.
Siswa menyimak
dengan baik.
|
|
B.
|
Main Activities
Kegiatan
inti
|
|
30
|
Phase 2
Fase 2
Convey information (demonstrate)
Menyampaikan informasi
(demonstrasi)
|
|||
|
1)
Teacher explain to pupils about
Catatan;TS
Guru menjelaskan siswa tentang catatan;TS
2)
Teacher present to pupils about
step of step to make Catatan;TS
Guru
menyajikan kepada siswa langkah-langkah membuat catatan;TS
3)
Giving example Catatan;TS to make according matter about The law of conservation linear momentums in
teksbook
Memberikan contoh Catatan:TS yang dibuat
sesuai dengan materi kekekalan energi pada buku teks
4)
To repeat explaination what difficult by pupils
Menjelaskan
ulang apa yang dianggap sulit oleh siswa
|
o Pupils watch carefuly.
Siswa memperhatikan dengan baik
o Pupils asking about Catatan;TS
Siswa
bertanya tentang catatan:TS
|
|
Phase 3
Fase 3
Structursl practice
Latihan Terstruktur
|
|||
|
1)
Teachers guide students to make Catatan:TS about kinds of collision.
Guru membimbing siswa membuat catatan;TS tentang jenis-jenis tumbukan
2) Teachers order pupils to showing Catatan:TS about kinds of collision on
the whiteboard. Teacher information to pupils, when the other pupil write
Catatan:TS on whiteboard, pupils trying to develop behaviour with character, cover:
opened and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely. And
develop social skills, cover: brave to give an argument, be a good listener,
and communicating.
Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan diskusi
tentang tumbukan antara dua benda. Guru menginformasikan kepada siswa, ketika
siswa lain menuliskan catatan:TS nya di papan tulis, siswa mencoba
mengembangkan prilaku berkarakter, diantaranya: terbuka dan mendengar
pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar. Dan mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi: berani memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan
berkomunikasi.
|
o Pupils make Catatan:TS .
Siswa Membuat catatan:TS
o When other pupil write Catatan:TS on whiteboard, pupils develop behaviour
with character, cover: opened and listened friend opinion, and don't
criticize friend crudely. And develop social skills, cover: brave to give an
argument, be a good listener, and communicating.
Ketika siswa lain
menuliskan catatan:TS nya, siswa mengembangkan perilaku berkarakter,
diantaranya: terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman
yang kasar. Dan mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: berani
memberikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
|
|
Phase 4
Fase 4
Practice guide
Latihan Terbimbing
|
|||
|
1) Teachers visit and check
each pupi. If there are still pupils who have not been able to do it
right, the teacher can provide direct guidance.
Guru mengunjungi tiap-tiap kelompok Jika masih ada
siswa yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
3)
Teacher to see across pupils.
Guru
membimbing siswa.
4)
Teacher advise of practice time is over
to pupils.
Guru
memberitahu siswa bahwa waktu latihan telah selesai.
|
o Pupils stop to practice
Siswa berhenti melakukan latihan.
|
|
Phase 5
Fase 5
Evaluation and independent
practice
Evaluasi dan latihan
mandiri
|
|||
|
1) Teacher give chance for each pupils asking about all result in study. And then collect the paper Catatan:TS.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa
bertanya semua hasil yang telah dipelajari. Catatan:TS siswa dikumpulkan.
2) When the Asking, teacher say for pupils to develop behaviour with
character, cover: opened and listened friend opinion, and don't criticize
friend crudely.
Ketika
bertanya, guru mengatakan kepada siswa untuk mengembangkan perilaku
berkarakter, diantaranya: terbuka dan mendengar pendapat teman, dan tidak
mencela teman yang kasar.
3)
Teacher asking question from pupils
Guru
menjawab pertanyaan siswa
4)
Teacher
execuse pupils to expose their summary.
Guru mempersilahkan siswa untuk
menyampaikan kesimpulannya.
5)
Teacher gives emphasis about the law of
conservation momentum that has been learned.
Guru
memberikan penekanan/penguatan tentang hukum kekekalan momentum yang telah dipelajari.
6)
Teacher give homework to make Catatan:TS
about impulse,momentum and the law of conservation momentum
Guru memberikan pekerjaan
rumah untuk membuat Catatan:TS tentang impuls,momentum dan hukum kekekalan
momentum
7)
Teacher gives post test about e law of
conservation momentums.
Guru
memberikan tes akhir tentang hukum kekekalan momentum
|
o Pupils asking.
Siswa bertanya
o When the Asking, Pupils develop behaviour with character, cover: opened
and listened friend opinion, and don't criticize friend crudely.
Ketika bertanya,
siswa mengembangkan perilaku berkarakter, diantaranya: tanggungjawab, terbuka
dan mendengar pendapat teman, dan tidak mencela teman yang kasar.
o Pupils expose their summary.
Siswa menyampaikan kesimpulannya.
o Pupils listen emphasis about specific mass from teacher with carefully.
Siswa mendengarkan
penekanan/ penguatan tentang massa jenis dengan baik dari guru.
o Pupils answer post test by your self.
Siswa menjawab tes
akhir dengan tidak bekerja sama.
|
|
C.
|
Final Activity
Kegiatan
Akhir
|
|
5
|
Phase 6
Fase 6
Give appreciation
Memberikan penghargaan
|
|||
|
1)
Teachers give appreciation to pupils on active in the
class.
Guru memberikan penghargaan siswa yang aktif
didepan kelas.
2)
Teacher close our class with give
occlusion.
Guru
menutup pelajaran dengan memberi salam.
|
o Pupils take the appreciation.
Siswa menyimak dengan baik.
|
|
H.
ASSESSMENT/PENILAIAN
A.
Technics
Tehnik Penilaian:
o
Cognitives
assesment
Penilaian Kognitif
o
Psycomotor assesment
Penilaian Psikomotorik
o Afective assesment
Penilaian
Afektif (terlampir)
B.
Instrument
Bentuk Instrumen:
o Multiple
choise
Pilihan Ganda
o
Psycomotor assesment sheet
Lembar penilaian psikomotorik
o
Afective assesment sheet
Lembar penilaian afektif
I.
EQUIPMENT, MATTER, AND LEARNING SOURCE
ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
a. Equipment : laptop,
LCD, videos
Alat
Pelajaran : video, laptop, LCD
b.
Matter :
physics textbook, LKS
Bahan Belajar : buku pelajaran, LKS
c. Source : sylabus,
relevant teacher handbook, powerpoint.
Sumber Pelajaran : silabus, buku paket relevan
J.
BIBLIOGRAPHY/REFERENSI
Purwanto,
Budi. 2009. Theory and Application of Physics For
Grade XII. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Pontianak, 19
september 2012
Mengetahui,
Lecturers, Student,
Dosen Pembimbing, Mahasiswa,
Dra. Haratua
T.M.S, Mpd Soeharto
NIP.195608091985031003 NIM.
F03109012
|
|
|
Nilai = x 100
Psycomotor Assesment Form
Format Penilaian Psikomotorik
No
|
Explanation
Penjelasan
|
Score
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Prepare equipment and matter use to the
experiment above table
Alat dan bahan yang diperlukan
untuk percobaan disiapkan di atas meja
|
|
|
|
|
|
2
|
a. Regular Object Benda
Teratur
Mass measure method with O’hauss balance
Cara mengukur massa dengan neraca O’hauss
Long measure method with micrometer
Cara mengukur panjang dengan mikrometer skrup
|
|
|
|
|
|
|
b. Irregular Object Benda
Tidak Teratur
Mass measure method with O’hauss balance
Cara mengukur massa dengan neraca O’hauss
Scale read method water
volume in measure glass
Cara membaca skala volume air pada
gelas ukur
|
|
|
|
|
|
3
|
calculate
method regular and irregular object density
Cara menghitung massa jenis benda teratur dan tidak
teratur
|
|
|
|
|
|
Score Total
Total
Skor
|
|
|
|
|
|
Notes
4 if do aspect correct and
quick
3 if do aspectcorrect but
long time
2 if do aspect finish but
false
1 if do aspect not finish
0 if not work
Keterangan
4 bila aspek tersebut dilakukan dengan
benar dan cepat
3 bila aspek tersebut dilakukan dengan
benar tetapi lama
2 bila aspek tersebut dilakukan selesai tetapi salah
1 bila dilakukan tetapi tidak selesai
0 bila tidak ada usaha sama sekali
Afective Assesment Form
Format Penilaian
Afektif
a. Behavior of
Character
Perilaku Berkarakter
Instruction:
Petunjuk:
To each behavior of character, give pupils behavior of
character assesment apply with scale ensuing:
Untuk setiap prilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas
prilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
Observe Form Behavior of Character
Format Pengamatan Prilaku Berkarakter
Pupils Names
Nama Siswa
|
Behavior of Character
Perilaku Karakter
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
opened and listened friend opinion
terbuka dan
mendengar pendapat teman
|
|
|
|
|
don't criticize friend crudely
tidak mencela
teman dengan kasar
|
|
|
|
|
|
Etc
|
opened and listened friend opinion
terbuka dan
mendengar pendapat teman
|
|
|
|
|
don't criticize friend crudely
tidak mencela
teman dengan kasar
|
|
|
|
|
Explanation:
Keterangan:
1.
Not
well; Tidak baik
2.
Quite; Cukup baik
3.
Well; Baik
4.
Very
well; Sangat baik
b. Social Skills
Keterampilan Sosial
Instruction:
Petunjuk:
To each social skills, give pupils social skills
assesment apply with scale ensuing:
Untuk setiap keterampilan
sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini:
Observe Form Social Skills
Format Pengamatan Keterampilan
Sosial
Pupils Names
Nama Siswa
|
Social
Skills
Keterampilan Sosial
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
|
brave to give an argument
berani
memberikan pendapat
|
|
|
|
|
be a good listener
menjadi
pendengar yang baik
|
|
|
|
|
|
communicating
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
Etc
|
brave to give an argument
berani
memberikan pendapat
|
|
|
|
|
be a good listener
menjadi
pendengar yang baik
|
|
|
|
|
|
communicating
berkomunikasi
|
|
|
|
|
Explanation:
Keterangan:
1.
Not
well; Tidak baik
2.
Quite; Cukup baik
3.
Well; Baik
4.
Very
well; Sangat baik
Worksheet Paper
Lembar Kerja Siswa
Purpose :
Tujuan :
1.
Explain characteristic of density concept from the experiment result.
Menjelaskan konsep massa jenis
sebagai satu ciri khas suatu zat berdasarkan hasil percobaan.
2.
Determine density from solid matter with reguler shape.
Menentukan massa jenis zat padat
yang bentuknya teratur.
3.
Determine density from solid matter with irregular shape.
Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya tidak
teratur.
Equipment and Matter :
Alat dan Bahan :
O’hauss balance neraca
O’hauss micrometer
mikrometer
1 cube 1
kubus measure
glass gelas ukur
3 stone 3 batu water air
1 marbels 1
guli 1
cylinder 1 silinder
Work Instractions :
Langkah Kerja :
1)
Regular
Object (cube, marbels, and cylinder)
Benda teratur (kubus, guli, dan
silinder)
c. Measure
mass and volume each thing.
Ukur massa dan volume tiap benda.
d. Record
and enter in the table.
Catat dan masukkan dalam tabel di
bawah ini.
No.
|
Object
Benda
|
Volume
Volume
|
Mass
Massa
|
Density
Massa Jenis
|
1.
|
Cube
Kubus
|
|
|
|
2.
|
Marbels
Guli
|
|
|
|
3.
|
Cylinder
Silinder
|
|
|
|
e. Calculate
the object density, where .
Hitung massa jenis benda, dimana .
2) Irregular Object (stone)
Benda Tidak Teratur (batu)
a.
Measure mass stone each.
Ukur massa setiap batu.
b.
Prepare measure glass and enter water to
measure glass. Record first volume, V1.
Sediakan gelas ukur dan tuangkan air ke dalam gelas ukur. Catat volume awal, V1.
c.
Enter stone to measure glass with have
water. Record the increment water
volume, V2.
Masukkan batu ke dalam gelas ukur yang berisi air. Catat kenaikan
volume airnya, V2.
d.
Stone volume = V2 – V1
Volume
batu = V2 – V1
e.
Calculate stone density, where .
Hitung massa jenis batu,
dimana .
f. Record
and enter in the table.
Catat dan masukkan dalam tabel di
bawah ini.
No.
|
Object
Benda
|
V1
|
V2
|
= V2 – V1
|
Mass
Massa
|
Density
Massa Jenis
|
1.
|
Stone a
Batu a
|
|
|
|
|
|
2.
|
Stone b
Batu b
|
|
|
|
|
|
3.
|
Stone c
Batu c
|
|
|
|
|
|
Conclusion
:
Kesimpulan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar